Kapan waktu terbaik untuk minum Vitamin ?

Kapan waktu terbaik untuk minum Vitamin ?

Ada yang mengatakan, vitamin sebaiknya dikonsumsi pada pagi atau malam hari. Ada juga yang mengatakan sebaiknya konsumsi vitamin disertai makanan padat.

Menurut Barbara Paulsen, Pemimpin Redaksi Majalah Health, konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja begitu kita ingat. Sebab, hanya sedikit perbedaan manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi vitamin secara teratur.

Bagi mereka yang ingin mengonsumsi vitamin secara teratur, ada baiknya menyimak beberapa tip di bawah ini:

* Konsumsi vitamin bersama makanan untuk membantu proses penyerapan oleh tubuh.

* Pil zat besi berdampak keras bagi perut. Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan, ada baiknya mengonsumsi pil zat besi bersama makanan.

* Saat ini, vitamin E kebanyakan bersalut lemak. Untuk memperoleh manfaat lebih besar, konsumsilah bersama cairan berlemak seperti segelas susu.

* Lebih baik mengonsumsi kalsium berdosis 300 mg atau kurang, dibandingkan dengan mengasup kalsium dalam jumlah besar sekaligus. Ada baiknya menambah dosis 10 persen jika mengonsumsi kalsium bersama makanan atau biji-bijian karena bisa menahan proses penyerapan oleh tubuh.

Tahukah kamu bahwa mengkonsumsi multivitamin sebaiknya memperhatikan waktu yang tepat?

Seperti konsumsi suplemen kalsium dan magnesium sebaiknya saat malam hari, karena pada malam hari merupakan waktu regenerasi sel tubuh.

Kemudian untuk waktu minum vitamin C sebaiknya pagi-sore hari, karena vitamin C berguna untuk membuat kondisi tubuh menjadi bugar sehingga dapat meningkatkan aktivitas.

Selanjutnya, waktu yang pas untuk minum vitamin A, D, E atau K sebaiknya bersamaan dengan waktu makan makanan yang berlemak, karena vitamin tersebut merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sementara, waktu minum vitamin prebiotik sebaiknya diberikan 20 menit sebelum makan untuk membantu proses pencernaan makanan.

Saat ini kian marak bermunculan produk-produk multivitamin yang menawarkan beragam khasiat dan manfaat, sebaiknya kita bijak dalam mengkonsumsi suplemen tambahan tersebut.

sumber : kompas.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: