Buka Puasa Sehat

Inilah Kiat Untuk Berbuka Puasa Secara Sehat

Puasa membuat tubuh kita banyak sekali kekurangan cairan  kurang lebih 14 jam lamnya, menyebabkan kandungan glukosa dalam tubuh menurun. Maka dari itu banyak yang menyarankan untuk segera mengonsumsi makanan manis saat buka puasa agar dapat menggantikan kandungan energi kita yang terkuras.

Berikut ini sejumlah kiat mudah saat buka puasa : 

1. Banyak Minum Air Putih

Ketika tidak puasa, Anda mungkin lebih mudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan asupan minum sekitar dua liter atau 8-12 gelas per hari. Saat puasa, ini pasti sulit terpenuhi mengingat selama 14 jam harus menahan lapar dan haus. Demi terjaga kecukupan cairan tubuh, jangan buang kesempatan minum selama buka puasa hingga menjelang imsak. Hindari pula konsumsi makanan atau minuman bersifat diuretik yang mempercepat pelepasan cairan dalam tubuh. Berikut ini adalah daftar makanan yang bersifat diuretik : asparagus, seledri, biji seledri, jus cranberry, bunga dandelion, teh hijau, teh dandelion, adas, juniper berry, jelatang/daun jarum, dan daun peterseli.

2. Cemilan  Manis
Saat puasa, tubuh kita mengalami penurunan glukosa. Untuk menggantikan glukosa darah yang hilang selama puasa, dianjurkan menyantap makanan manis saat berbuka puasa. Santap sekitar 10 menit setelah mengonsumsi minuman hangat agar lambung beradaptasi dengan baik. Selain makanan yang memiliki kandungan gula alami seperti jeruk, pepaya, melon, semangka, Anda bisa mengonsumsi kurma yang memiliki kandungan gula kompleks yang tidak mengakibatkan peningkatan gula darah secara drastis. Hindari makanan manis dengan gula buatan.

3. Menu Utama
Beri jeda sekitar 30 menit setelah Anda menyantap takjil untuk memberi kesempatan lambung dan pencernaan beradaptasi setelah lebih 14 jam tak bekerja, hindari untuk langsung makan berat. Langsung berbuka dengan makanan berat akan membuat sistem pencernaan ‘kaget’. Selain memberi jeda waktu, biasakan pula mengunyah makanan dengan baik saat buka puasa untuk meringankan kerja pencernaan. Dua faktor ini penting. Tak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga mencegah konstipasi atau susah buang air besar.

(*dikutip dari berbagai sumber)

 

Selamat berbuka puasa…

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: